Sabtu, 09 Januari 2016

Mungkin sebagian diantara kita sudah tahu apa itu SSL dan kegunaannya , namun saya yakin, jika anda adalah seorang newbie atau orang yang benar benar baru terjun kedunia website, pasti asing dan belum tahu apa itu SSL dan kegunaannya.

Perlu diketahui SSL ini sangat penting untuk kita ketahui. Dan saya sangat merekomendasikan agar anda kelak menerapkan sistem SSL ini pada website anda. Lalu apakah SSL itu sebenarnya?

Apa Itu SSL Dan Kegunaannya ?

SSL adalah sebuah singkatan dari Secure Socket Layer yang berupa suatu protocol layer transport dan biasa digunakan didalam koneksi internet secara aman. Dan memastikan data transaksi yang terjadi secara online di enkripsi/acak sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi. Dan Perlu anda tahu bahwa, jika anda menginginkan suatu koneksi komunikasi lewat internet dengan cara yang aman, maka sangat disarankan agar anda menggunakan koneksi SSL tersebut.

Dan Perlu anda ketahui bahwa SSL ini menawarkan tiga tingkat keamanan, Sebagai berikut:

  • Authentication: Sistem ini akan memastikan bahwa pesan yang diterima adalah berasal dari seseorang yang memang telah tersurat.
  • Confidentiality: Sistem ini akan melindungi pesan dari suatu usaha pembacaan oleh penerima yang tidak berhak, selama pesan berada perjalanannya (lalu lintas data)
  • Integrity: Sistem ini memastikan bahwa pesan asli, tidak akan mengalami perubahan selama dalam perjalanannya.

Mengapa menggunakan SSL ?

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL. Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

HTTPS untuk SEO dan rangking di SERP

Dengan menggunakan protokol HTTPS akan memberikan keamanan lebih bagi para pengunjung sebuah situs, dan akhirnya Google memasukkan HTTPS sebagai salah satu faktor perangkingan SERP. Jadi dengan menggunakan protokol HTTPS maka akan meningkatkan SEO website kita.

Berikut pengumuman oleh Google Online Security:

For these reasons, over the past few months we’ve been running tests taking into account whether sites use secure, encrypted connections as a signal in our search ranking algorithms. We’ve seen positive results, so we’re starting to use HTTPS as a ranking signal. For now it's only a very lightweight signal—affecting fewer than 1% of global queries, and carrying less weight than other signals such as high-quality content—while we give webmasters time to switch to HTTPS. But over time, we may decide to strengthen it, because we’d like to encourage all website owners to switch from HTTP to HTTPS to keep everyone safe on the web. Cek

Menjadi kerugian tersendiri dari sisi SEO bagi yang belum menggunakan protokol HTTPS ini, apalagi harga sertifikat SSL sekarang sudah sangat-sangat terjangkau.
[ads]
Bagaimana? tertarik beralih ke protokol HTTPS?
Baiklah, dibawah ini akan dijelaskan step untuk pengaplikasian nya.

Yang perlu di ingat sebelum menggunakan SSl adalah Syarat dan Pantangan yang harus dipenuhi dan tidak boleh dilanggar.

Syarat dan Pantangan


Syarat:
  • Dedicated IP: Hosting mu harus menggunakan Dedicated IP Address untuk menjalankan SSL karena SSL tidak valid jika maasih menggunakan Shared IP. Strukturnya, setiap IP terhubung dengan domain utama. Jika kamu menggunakan Shared IP maka IP tersebut terkoneksi dengan domain server dan jika divalidasi dengan SSL, SSL tidak valid sebab domain yang dipakai berbeda dengan domain yang terkoneksi dengan IP Shared tadi. Namun jika kamu menggunakan Dedicated Ip maka sudah dipastikan IP tersebut milik mu dan terkoneksi langsung dengan domain mu.
  • Valid SSL: SSL yang digunakan adalah SSL yang valid yang dibeli dari otoritas terpercaya bukan buatan sendiri, meskipun di cPanel menyediakan menu untuk membuat Certificate namun sangat disarankan untuk membeli karena harga nya sangat terjangkau.
 Pantangan:
Jika sudah menggunakan SSL, maka sudah tidak bisa sembarangan lagu menggunakan source seperti gambar, script JS, maupun CSS dari eksternal jika tidak ber protokol SSL (https://). Semua haruslah bersalah dari SSL juga. Misal iklan, tidak bisa lagi menggunakan iklan BuzzCity atau UC yang JS karena kode nya menggunakan HTTP, sebab bisa menimbulkan warning di browser. Namun, kamu masih bisa menggunakan iklan Google Adsense, PropellerAds dan Pop Ads karena source code nya menggunakan NonSSL dan SSL. 

Cara Memasang SSL di cPanel

Pada cara ini akan aku buatkan cara memasang SSL di cPanel. cPanel yang digunakan menggunakan tema X3, jika tema mu X3Mail, X, X2, atau Paper Lantern silahkan disamakan tulisan nya karena ada sedikit perbedaan letak. Dan karena aku menggunakan NameCHeap tempat membeli SSL nya, maka akan aku perlihatkan juga step di namecheap.

[] cPanel []
Login ke cpanel dan cari link SSL / TLS di menu Security

Kemudian klik pada Certificate Signing Requests (CSR)
Setelah itu, kamu akan di arahkan ke form isian. isi kotak dengan benar.
  • Key: 2084 Bit Keys
  • Domains: isi www.domain.com wajib isi dengan www jika menggunakan TLD.
  • City: Kota
  • State: Provinsi
  • Country: ID
  • Company: nama perusahaan atau isi sembarang
  • Company Division: sembarang
  • Email: isi email yg valid dan aktif
  • Passphrase: katasandi sembarang
  • Description: deskripsi
Kemudian tekan generate
Jika tidak ada data yang salah, kamu akan di arahkan ke tempat pengambilan CSR (Certificate Signing Request)




Blok kode yang di textarea dari BEGIN sampai END dan COPY kemudian buka NameCheap.

[]  NameCheap []
Hal yang pertama adalah login dulu. buka https://www.namecheap.com/myaccount/login.aspx
Setalah login, buka Product List di https://ap.www.namecheap.com/ProductList/SslCertificates
Kemudian klik pada tombol Activate

Kamu akan dibawa ke kotak pengisian CSR. di kotak Enter CSR masukan kode yang di copy tadi kemudian tekan area luar sembarang dan biarkan loading Submitting selesai hingga Primary Domain tampil.

Server Type isi Apache / Nginx / cPanel dan klik Submit. kemudian klik Next sampai ke mneu Approval.

DCV Method isi Email dan Approver Email pilih di list yang aktif karena sertifikat dikirim ke email dan klik Next. Langkah selanjutnya adalah mengisi data kontak, isi sembarang jika tidak tau dan di Administrative isi email yang valid dan klik Next.

Disitu tertulis Domain to Validate www.videosave.info PRIMARY DOMAIN  via abcd@hamidi.co.id. Perhatikan email ini, disinilah sertifikat dikirim dan klik Confirm.
Silahkan tunggu email masuk dari Autoritas Sertifikat. Jika sudah ada email, akan berisi link aktifasi dan kode validasi. Salin kode dan klik link kemudian masukan kode dikotak yang disediakan dan klik Next. Tunggu email Sertifikat.

Jika email sudah masuk silahkan cari yang berisi sertifikat, salit dari BEGIN sampai END dan copy. Buka lagi cPanel bagian SSL / TLS.

Klik Certificate CTR. Selanjautnya akan diarahkan ke kotak CRT.


Di kotak atas tempel kode sertifikat yang kamu salin dari email tadi dan kotak Description isi terserah kemudian tekan Save Certificate. Nanti akan ada notifikasi sukses disimpan dan tekan link Go Back.


Disitu sudah bisa kita lihat ada detail sertifikat. klik Install untuk menginstall sertifikat.
Nanti akan di arahkan ke halaman instalasi. turun saja terus dan tekan tombol Install Certificate.
Tunggu status bar loading nya selesai dan JRENKKKKKKK...


Instalasi pun sukses dan tunggu saja beberapa saat, domain mu sudah bisa di akses dengan https:// dan akan ada icon gembok hijau di pojok anddbressbar browser.... Yeahhhhhh...

Tutorial ini dikerjakan dengan cPanel X 11.52 dari Hostwinds dan SSL dari NameCheap menggunakan Comodo PositiveSSL. Untuk tutorial seperti SSL lain atau panel alin seperti Webuzo silahkan dicoba sendiri ya.
[ads]
BTW, jika belum beli hosting, aku sarankan membeli SSL di NameCheap seharga $9/thn dengan klik link https://www.namecheap.com/?aff=93453 dan cari SSL dan Security dan jika kamu pintar, kamu bisa beli domain XYZ seharga $1/thn nanti saat checkout ada promo SSL $1.99/thn dan klik keranjang nanti akan ditambahkan. Jadi, kamu cuma bayar $2.99 sudah dapat 1 domain dan 1 SSL setahun hehe, tapi sebelum order, klik link itu dulu ya plisssss.

Dan untuk hosting, aku sarankan membeli hosting di hostwinds karena murah dan sudah termasuk IP Dedicated. Kalau dihost lain harus membeli ulang IP nya seharga 2 USD / thn untuk paket shared hosting. Jika kamu beruntung, masukan kode 'freehosting' saat membeli pake shared hosting yang paling murah selama satu bulan akan dapat diskon 99%. Berikut list link promo nya.
Budget VPS's Start at $7.50
Fast & secure VPS's as low as $7.50/mo.
Premium VPS Hosting starting at $13.50/mo.
Stable & speedy VPS's starting at $13.50/mo.
Windows VPS Hosting starting at $13.50/mo.
Windows VPS's as low as $13.50/mo.
Scalable SSD Linux VPS starting at $13.50/mo.
Affordable Shared Hosting from $4.50/mo.
Unlimited Shared Hosting starting at $4.50/mo.
Reliable Business Hosting as low as $5.00/mo.
Speedy Business Hosting from $5.00/mo.
Reseller Web Hosting from $25/mo.
Start your own web hosting business for as low as $25/mo.
White Label Reseller Hosting-just $10/mo!
Run your own web hosting company for just $10/mo!
Get your dedicated server running for as low as $99/mo!
Minecraft Servers