Senin, 02 November 2015



Dalam tutorial kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Perintah Continue Dalam Perulangan PHP.

Fungsi Perintah Continue dalam PHP

Perintah continue juga digunakan untuk men-interupsi perulangan dalam PHP, namun jika perintahbreak digunakan untuk menghentikan perulangan, maka perintah continue hanya akan menghentikan perulangan untuk 1 iterasi saja, lalu proses perulangan akan dilanjutkan.
Berikut contoh kode PHP penggunaan perintah continue:
<?php
for ($i=0; $i <10; $i++)
{
  if ($i==7)
  {
  continue;
  }
echo $i;
echo "<br />";
}

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFGuCQAEhp4kuzxY8rCJ2GaMLfvuESdgcPk962hTBZ9dy2bK6csR8fHMP92E8RYVjUDxOUzWv4KS4W9a9_i_ChuqnhcHE-3D9aHFZb5OWoOZEV_hIu1UaHln6g2wvE5nY_4RnDL46C01uo/s320/Tutorial-Belajar-PHP-Contoh-Fungsi-dan-Cara-Penulisan-Continue-PHP.png

Contoh perulangan diatas mirip dengan contoh pada perulangan break. Setelah perintah for, saya membuat sebuah kondisi IF yang jika variabel counter $i bernilai 7, maka jalankan continue.
Arti dari continue ini adalah sebuah instruksi kepada PHP untuk melewati sisa perintah dalam perulangan, dan langsung lompat ke nilai counter berikutnya, yakni 8. Dari hasil program, anda tidak akan melihat angka 7 ditampilkan.

Cara Penggunaan Continue pada Nested Loop

Sama seperti perintah break, perintah continue juga bisa digunakan untuk nested loop, dan kita menggunakan angka setelah perintah continue untuk menginstruksikan level kedalaman loop.
Berikut adalah contoh penggunaan perintah continue dalam nested loop
<?php
for ($i=0; $i <10; $i++)
{
  for ($j=0; $j <10; $j++)
  {
      if ($i==4)
        {
        continue 2;
        }
      echo $i;
  }
echo "<br />";
}

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIIW_fak3rIChLLbrqN2gM-Kd_TLKwJP75UkZEZQjIXKftvUqzs7k8kwz39SmoA2gN23snG_e_bHUx0_8hYK-IcpzSco2jsoMum9ZCK2_VLsoKZVUg_0SXh28fkAEO-RPpE9XtjAZ0s4cV/s320/Tutorial-Belajar-PHP-Contoh-Fungsi-dan-Cara-Penulisan-Continue-PHP.png

Dalam contoh diatas, perintah continue 2 akan menginstruksikan kepada PHP untuk tidak mengeksekusi perulangan for pada perulangan terluar, yakni jika $i sama dengan 4, dan melanjutkan kedalam iterasi selanjutnya, yakni $i=5.
Instruksi break dan continue ini melengkapi tutorial tentang perulangan dalam PHP. Selanjutnya, saya akan membahas tentang perulangan khusus untuk array, yaitu perulangan foreach.