Senin, 16 November 2015

Tutorial PHP MySQL ditujukan untuk membuat koneksi antara database MySQL Server dengan bahasa pemrograman web PHP. Di dalam sesi ini kita akan membahas secara detail cara menghubungkan PHP dengan MySQL. Secara garis besar, terdapat 3 metoda koneksi yang akan dibahas, yakni menggunakan mysql extension, mysqli extension, dan dengan PDO.

PHP dan MySQL merupakan kombinasi bahasa pemrograman dan database paling poluler, sehingga cara penggabungan keduanya merupakan hal yang wajib dikuasai.

PHP dan MySQL adalah kombinasi bahasa pemograman dan database yang sangat populer. Situs duniailkom yang berbasis wordpress juga menggunakan kombinasi PHP dan MySQL.

Dalam bagian tutorial belajar PHP lanjutan ini, saya akan membuat tutorial mengenai cara membuat koneksi antara PHP dengan database MySQL.

Untuk dapat mengikuti tutorial ini, saya sarankan anda telah mengetahui dasar penulisan PHP, seperti perulangan, tipe data, dan pemanggilan fungsi, karena kita akan banyak menggunakannya dalam tutorial kali ini. Pengetahuan tentang query MySQL juga akan sangat membantu.

Jika anda belum paham keduanya, atau untuk sekedar me-refresh tentang PHP dan MySQL, duniailkom telah membuat tutorial lengkap tentang keduanya. Untuk Tutorial PHP Dasar, dapat anda baca di Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula dan untuk Tutorial MySQL Dasar, dapat anda baca di Tutorial Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula.

Dalam halaman ini, saya akan mengindex seluruh Tutorial Cara Membuat Koneksi PHP ke Database MySQL. Semoga dengan tutorial ini anda bisa mengetahui dan paham cara menggabungkan PHP dengan MySQL.